Jumat, 01 Juli 2016

Si Manis Yang Terlalu Manis

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar nama 'JOGJA'? Pasti ada yang menjawab Malioboro, istimewa, kraton, sultan, Jawa, dan masih banyak lagi. Kali ini, bukan tentang itu yang akan saya bahas. Akan tetapi, tentang makanan tradisional Jogja yaitu gudeg. Hampir semua orang tahu tentang makanan khas Jogja ini termasuk saya. Saya sudah pernah coba sebelumnya, pertama kali di Kota Tangerang. Pembuatnya mungkin orang Jogja karena waktu itu saya tidak bertanya. Kesan pertama mencoba makanan ini adalah sangat manis. Jujur, untuk makanan yang biasa dilengkapi dengan nasi dengan rasa yang sangat manis, untuk saya sangat tidak biasa. Karena waktu itu saya coba di kota lain, jadi mungkin rasanya akan berbeda dengan rasa yang ada di Jogja. Di akhir tulisan ini, akan saya beri penilaian menurut lidah saya.

Setelah tinggal di Jogja, tiga kali saya makan gudeg di tempat yang berbeda. Pertama, di daerah Condong Catur. Namanya Gudeg Yu Nem kalau tidak salah, itu ada di utara terminal Condong Catur, kurang lebih 100 meter. Tempatnya selalu ramai, buka sekitar jam 4 sore, tapi kalau terlambat sedikit tidak akan kebagian. Saya pesan satu porsi gudeg lengkap dengan satu potong paha ayam. Rasanya masih manis, tapi ada rasa sedikit asin juga. Lumayan enak untuk lidah saya. Dan kebetulan lapar, langsung habis satu porsi.

Kedua, pengalaman makan gudeg di Jogja yaitu di dekat Tugu Jogja. Namanya Gudeg Mercon. Saya pergi ke sana karena saat itu ada teman saya dari Jakarta datang dan menginap di hotel dekat Tugu Jogja. Dia meminta saya untuk mengantar ke gudeg tersebut. Sebelumnya, saya selalu membaca review sebelum datang ke tempat makan. Bisa dapat di google atau sosial media seperti instagram. Sama seperti review yang saya baca, setelah sampai di Gudeg Mercon, sudah berjejer antrian mengular. Wah, bersiap untuk rela menahan rasa penasaran nih. Tiba-tiba terlintas sebuah pertanyaan, "Seenak apa gudeg ini, sampai banyak orang yang rela mengantri, walaupun tempatnya ada di pinggir jalan?". Setelah lama mengantri, giliran sayapun tiba. Saya tidak tahu bagaimana cara pesan di sana, jadi saya tanya bagaimana untuk mendapatkan satu porsi gudeg di sini. Tapi, apa yang aku dapat? Sangat tidak bersahabat pelayanannya. Saya mengerti, mungkin mereka sudah terlalu banyak pelanggan dan sangat sibuk, jadi pembeli juga harus cepat.
Seporsi gudeg dengan paha ayam sudah saya dapatkan dan ketika saya coba satu suap adalah pedasnya menggelegar. Kalau yang suka pedas, wajib datang ke tempat ini. Saya suka pedas, tapi gudeg ini terlalu pedas untuk saya pribadi. Setelah saya mencoba ini, ternyata gudeg tidak selamanya manis. Kali ini pedasnya jahat.

Kesempatan ketiga saya menikmati gudeg adalah di tempat yang paling terkenal seantero Jogja. Pasti, kalian sudah tahu atau pernah mendengar, atau mungkin pernah membaca tulisan di jalan. Namanya Gudeg Yu Djum. Banyak mobil terparkir di depan restoran ini. Saya pikir, mungkin tempat ini ekslusif. Saya putuskan untuk mencoba gudeg di sini. Harganya sangat berbeda dan lebih mahal dari gudeg-gudeg yang sudah pernah saya coba sebelumnya. Saya juga pesan seporsi gudeg dengan paha ayam. Ketika makanan sudah tersaji di meja, saya langsung mencoba. Mungkin ini yang namanya gudeg asli. Rasanya sangat manis. Hampir seperti cake. Untuk saya penggemar makanan asin dan pedas, mencoba gudeg ini rasanya sangat aneh. Bukan karena tidak enak, tapi lidah saya tidak terbiasa.

Sekarang, saya akan memberikan penilaiannya. 

☆ Tidak Suka
☆ ☆ Biasa
☆☆☆ Lumayan Enak
☆☆☆☆ Enak
☆☆☆☆☆ Super Enak


Gudeg Yu Nem   : ☆☆☆
Gudeg Mercon   : ☆☆☆☆
Gudeg Yu Djum : ☆☆


Selamat mencoba gudeg di Jogja!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar